Langsung ke konten utama

Buat Toko Online Pertama

 


Sebenarnya di tahun 2012 saya sudah mengenal bukalapak. Tapi pada saat itu saya berfikiran kalo bukalapak itu sama dengan tokobagus (red:olx) dan saya sudah uplod beberapa produk di platform tersebut dan hanya sekedar upload atau bisa dibilang coba-coba. Saya tersadar ada calon customer yang menghubungi saya via hp dan mengkonfirmasi transaksinya sudah beberapa kali tidak pernah di respon oleh saya. Dan saya bingung, karena memang saya anggap sama dengan tokobagus.

Langsung ke tokopedia. Sepulang ngopi dengan teman saya langsung cek link tokopedia dan saya pelajari, daftar dan input biodata termasuk No rekening bank. Produk pertama yang saya upload adalah jaket club bola dan mulai ada yang tanya tapi tidak ada respon lanjutan.

Lama tidak ada pergerakan akhirnya saya beralih ke aksesori hp dan alhamdulillah. Respon pasar saat itu sangat bagus. Karena pasar yang bagus, saya mulai fokus di aksesris Hp.

Dua tahun berjalan tepatnya  di tahun 2015 pasar aksesoris hp mulai menurun karena persaingan harga yg sangat dahsyat. Sebab para pemain kelas kakap bermain juga di tokopedia dan bukalapak.

Saya bertahan hanya sampai 2016 akhir dan vacum sampai 2020 (gile 4 tahun mas bro ga kuat bersaing). Di pertengahan tahun 2020 saya memulai dengan produk baru dan brand baru yaitu tas wanita. Pasar pun bersambut.

Dan sampai sekarang saya masih mendalami fashion ini. Semoga usaha ini makin lancar dan maju.

Terima kasih untuk para pengunjung, semoga dapat memberi inspirasi.

Jakarta rebahan di atas sofa hadiah dari mertua.


Komentar