Langsung ke konten utama

Usaha Online

 

Awal mula saya Jualan Online pada tahun 2011 akhir. Dulu media yang saya gunakan adalah Kaskus, tokobagus (sekarang olx), blm ada marketplace (tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, blibli dll) seperti sekarang.

Saat itu stoknya pun tidak ada, saya hanya modal foto dari suplyer lalu saya posting di kaskus, tokobagus. Istilah sekarang dropship.

Produk yang saya jual waktu itu adalah Jaket, kemeja sd peralatan komputer. Tapi, yang banyak peminat adalah Jaket dan kemeja. Karena untuk peralatan atau aksesoris komputer sudah ada website ecommerce yaitu bhineka.

Jualan Online pada saat itu hanya mengandalkan kepercayaan dari pembeli dan saya sebagai penjual hanya meyakinkan dengan upaya hasil transaksi, testimoni dan jurus terakhir saya untuk meyakinkan pembeli dengan memfoto KTP. Kebayang ribetnya kan? 😅.

Waktu berjalan, di tahun 2013 saya menemukan tokopedia hasil ngopi dan ngobrol ngalor ngidul dengan teman. Pada saat itulah saya memulai era baru dalam berjualan online.

Jakarta berselimut hujan disaat saur.

Komentar